Catering Pernikahan yang Menggugah Tapi Jarang Disajikan

Tamu yang hadir dalam resepsi pernikahan mungkin akan lupa dengan kertas undangan yang kamu serahkan kepada mereka. Sebagus apapun undangan pernikahan yang kamu buat, nasibnya hanya akan berakhir di tempat sampah, terlupakan. Kecuali jika ada salah satu di antara temanmu yang menjadi kolektor undangan pernikahan.

Akan berbeda halnya dengan catering pernikahan. Ketika kamu menghidangkan sejumlah makanan yang enak dan unik, hal ini akan menjadi sesuatu yang akan mereka ingat.

Jadikan hari pernikahanmu menjadi hari yang tak terlupakan dengan sajian makanan  yang ringan tapi mengenyangkan. Butuh referensi? Menu makanan resepsi pernikahan berikut dapat kamu pertimbangkan. Mulai dari makanan a la restoran berkelas hingga makanan tradisional, semuanya nikmat.

1. Susu dan kue kering

jennysteffens.blogspot.com
jennysteffens.blogspot.com

Kue kering chococips dicelupkan ke dalam segelas susu vanilla yang hangat. Yummy! Bukan hanya nikmat, sajian ini juga dijamin menyehatkan. Terutama bagi mereka yang tidak sempat makan sebelum menghadiri pesta pernikahanmu, segelas susu dan kue kering mampu mengganjal perut kosong.

2. Pizza homemade

wonderwed.de
wonderwed.de

Tidak hanya restoran cepat saji saja yang bisa membuat pizza. Kamu pun bisa membuat pizza mu sendiri di rumah. Ada banyak blogger yang bagi-bagi resepnya. Tentu saja kamu harus mencobanya terlebih dahulu sebelum menyajikannya kepada para tamu. Jika tidak mau repot, kamu juga bisa memesan jasa catering terdekat. Rasnya tidak kalah enak dengan pizza-pizza di restoran kok.

3. Crostini, camilan a la Italia

greenweddingshoes.com
greenweddingshoes.com

Rasanya renyah dan gurih. Crostini dalam bahasa Italia artinya ‘roti panggang kecil’. Dinamakan demikian karena sajian ini memang berupa potongan roti berukuran 1-2 suap yang kadang-kadang polos, diperciki minyak zaitun atau diberi aneka topping. Untuk topping-nya bisa berupa irisan keju, cincangan tomat, potongan daging asap, atau kacang rebus/kalengan. Intinya, beragam topping yang gurih atau asin cocok untuk topping crostini. Roti yang dipakai untuk crostini yaitu roti tawar. Sajian ini bisa disajikan apa adanya tanpa tambahan apapun, bisa juga disajikan bersama sup krim.  Untuk penyajian, jangan lupa sediakan tissue karena crostini biasanya disantap langsung dengan tangan tanpa sendok dan garpu.

4. Strawberry shortcake

chanasartroom.com
chanasartroom.com

Siapa yang tidak kenal dengan kue yang satu ini. Kue bolu yang dihias dengan buah strawberry dan krim kocok. Rasanya manis dan lembut di lidah. Daripada lama menunggu kue pernikahanmu dipotong, lebih baik sajikan strawberry shortcake dalam ukuran mini. Kamu bisa mengemasnya dalam gelas cup atau jar.

5. Keripik jagung dan saus guacamole

yelp.com
yelp.com

Bosan dengan keripik kentang atau keripik ketela, mengapa tidak mencoba keripik jagung? Ternyata, keripik jagung juga bisa kamu padukan dengan saus. Bosan dengan saus tomat atau saus sambal, cobalah guacamole yaitu saus cocol kental berbahan utama alpukat. Saus ini berasal dari Meksiko, guacamole. Di negara asalnya sana, guacamole dibuat dengan molcajete yang mirip cobek dan ulekan. Nah, semua bahan dan alatnya ada di sekitar kita, bukan?! Dan dijamin, rasanya enak.

6. Roti bakar mini dan sup tomat

food.viralcreek.com
food.viralcreek.com

Roti panggang banyak kita jumpai di gerobak-gerobak pedagang kaki lima yang berjejar di pinggir jalan. Mulai dari rasa keju, cokelat, hingga kacang, semua ada. Namun, kamu pasti belum pernah menemui roti panggang yang disajikan bersama sup tomat. Menu ini juga cocok menjadi sajian pesta pernikahanmu.

7. Donat

floridiansocial.com
floridiansocial.com

Lumrah memang. Tetapi siapa yang tidak doyan donat? Supaya lebih berkesan, sajikan donat dalam berbagai jenis rasa dan topping. Juga, sajikan dalam bentuk yang unik. Kamu bisa mendekornya seperti kue tart yang tinggi atau bertumpuk dalam tusukan.

8.  Kentang tumbuk

laplanner.mx
laplanner.mx

Dalam rangka memajukan industri pertanian tanah air, kini orang berlomba-lomba menggunakan bahan dari alam bumi pertiwi. Kentang salah satunya. Selain enak diolah menjadi sayur, kentang juga menjadi campuran kue. Sebut saja donat kentang. Namun donat kentang agaknya sudah terlalu lumrah di lidah orang Indonesia. Nah, kamu bisa coba kentang tumbuk. Jangan salah sangka dulu. Olahan kentang ini bukan berati hanya adonan kentang halus belaka. Kentang tumbuk merupakan capuran kentang, mentega/margarin, susu cair, garam, bubuk merica, dan keju cheddar parut (optional, gunakan jika anda menggunakan margarine). Akan semakin nikmat jika kentang tumbuk disajikan dengan steak, atau makanan lainnya.

9. Tumpeng mini

twitter.com/tumpengmini
twitter.com/tumpengmini

Makanan tradisional biasanya memiliki filosofi di balik kenikmatannya. Demikian pula halnya dengan tumpeng. Tumpeng merupakan akronim dalam bahasa Jawa, yakni yen metu kudu sing mempeng (jika keluar harus sungguh-sungguh). Dalam penyajiannya, nasi tumpeng biasanya dilengkapi dengan lauk-pauk yang berjumlah 7 macam, angka 7 dalam bahasa Jawa berarti pitu. Angka pitu ini artinya pitulungan (pertolongan). Secara umum bisa dikatakan bahwa tumpeng mengandung makna tersirat bahwa kita dianjurkan untuk bersungguh-sungguh dalam melakukan pekerjaan (keluar rumah identik dengan urusan pekerjaan), dan saat kita telah bersungguh-sungguh niscaya pertolongan Tuhan akan menyertai kita.  Betapa dalamnya filosofi tumpeng ini tentu seharusnya tidak membuatmu ragu untuk menyajikannya ke hadapan para tamu undangan. Supaya setiap orang yang hadir mendapat jatah yang sama, buatlah tumpeng dalam ukuran yang sama. Tidak harus besar layaknya tumpeng biasa, kamu bisa menggunakan ukuran mini. Justru lebih berkesan bukan?!

10. Potongan ikan goreng

huffingtonpost.com
huffingtonpost.com

Tidak banyak jasa catering yang menyediakan menu ikan. Kebanyakan, daging ayam atau sapi yang paling populer. Meski demikian, bukan berarti ikan goreng tidak cocok disajikan untuk pesta pernikahan. Rasanya tidak kalah enak dengan daging-daging yang lain. Juga, sama-sama bergizi seperti daging-daging yang lain.

11. Jajan pasar

pinterest.com
pinterest.com

Ini makanan ringan yang paling ramah dengan lidah orang Indonesia, jajan pasar. Mulai dari kue basah, kue kering, hingga olahan yang digoreng, semua ada. Sebut saja kue lapis, wingko, lemper, kue onde-onde, lumpia, hingga bakso tahu goreng.

13. Sate buah dan yoghurt

recipeshubs.com
recipeshubs.com

Sate daging kambing sudah biasa. Sate daging ayam juga sudah biasa. Nah, kamu bisa membuat kreasi sate dari buah. Bahannya tentu saja dari berbagai macam buah. Tidak perlu bingung. Di negara kita ada banyak buah segar. Mulai dari semangka, nanas, pisang, mangga, nangka, hingga strawberry. Jika biasanya buah disajikan bersambal sambal alias diolah menjadi rujak, untuk sajian pesta pernikahan kamu bisa menyajikannya bersama yoghurt. Rasa segar dan asam manis akan menyapa lidah para tamu.

14. Apel dan kayu manis

vestuviumados.lt
vestuviumados.lt

Masih seputar buah. Bagaimana jika apel disajikan dengan cara yang berbeda. Kita terbiasa minum jus apel, tetapi jarang-jarang  makan apel dengan kayu manis, kan?! Apalagi jika disajikan dengan cara yang unik, para tamu undangan pasti ingin segera mencicipinya. Alih-alih memotongnya, jadikan apel sebagai gelas dan isi dengan air gula lalu masukkan kayu manis ke dalamnya.

15. Sushi

weddingwindow.com
weddingwindow.com

Nah, sajian yang satu ini berasal dari negeri Matahari Terbit, Jepang. Kamu bisa menjajal sushi sebagai sajian pesta pernikahan. Rasanya pun bisa disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Selain manis penyajiannya, sushi juga akan menjadi pengalaman makan yang menyenangkan bagi para tamu.

Leave a Comment